CARA MUDAH MEMULAI MICROSOFT WORD UNTUK PEMULA

Simitweblog----Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang berada dalam kumpulan aplikasi di Microsoft Office yang mempunyai berbagai kemampuan untuk memudahkan perkerjaan terkait dengan komputer di dalamnya.

Salah satu kemampuan dan kemudahannya adalah dalam hal pembuatan berbagai laporan, skripsi, tesis, desertasi dan berbagai dokumen lainnya. Dengan kemampan tersebut, maka MS word banyak digunakan oleh para pelajar, mahasiswa atau profesional untuk pembuatan laporan dan dokumen tersebut.

Berikut ini simitweblog akan uraikan secara ringkas bagaimana cara mudah memulai microsoft word untuk para pemula dalam pembuatan laporan, baik bagi para pelajar, mahasiswa atau profesional

Memulai MS Word 2016

Untuk langkah pertama dalam memulai word, terlebih dahulu kita harus mengaktifkan Microsoft Windows. Dalam contoh di sini simitweblog menggunakan contoh aplikasi Word 2016.


Langah-langah yang digunakan untuk menjalankan Microsoft Word 2016 adalah sebagai berikut :

1. Tekan tombol Power pada CPU Anda untuk mengaktifkan komputer/laptop/notebook anda
2.  Tunggu sejenak, dan dilayar akan terlihat layar desktop dari windows. (apabila menggunakan sistem operasi Microsoft Windows).
3.  Klik tombol Start pada baris taskbar, kemudian cari arahkan klik pada pilihan ikon atau menu Word 2016.



4. Selanjutnya akan masuk pada word 2016 - Pilih Blank dokument kosong yang akan mengarahkan pada lembar kerja kosong. 


5. Selanjutnya akan terlihat lembar kerja dari word 2016 kita.

Setelah anda mengaktifkan word 2016, di layar akan terlihat dokumen yang kosong dengan nama baru Documen1 document merupakan lembar kerja pertama yang ada anda gunakan dalam word 2016, Nama document1ini akan berubah apabilaanda menyimpanya nama yang lain. 

1.2  Mengenal Lembar Kerja Word 2016
setiap anda memulai bekerja engan word 2016, dilayar akan terlihat satu lembar kerja dengan nama Document1 - word.

Perhatikan tampilan Gambar berikut ini;




1.2.1. Menu Bar 

menu bar ini terdiri dari beberapa bagian menu yang merupakan kelompok perintah Word mulai dari File ,View, Insert, Format, Tools, Window, dan Help, Untuk mengaktifkan menu-menu tersebut gunakan salah satu cara berikut ini :

Dengan menempatkan mouse pointer pada nama nemu yang diinginkan, kemudian klik tombol kiri mouse.
Dengan menekan tombol keyboart Alt+huruf yang bergaris bawah pada nama menu yang bersangkutan.
Dengan menekan tobol F10 untuk menempatkn kursor pada menu bar, kemudian pilih menu dengan tombol ⬅ atau ➜, kemudian ikuti dengan menekan tombol ENTER. Untuk menampilkan sub tema pada kelompok menubar tersebut, gunaka tombol panah bawah ⬇. 


1.2.2. Toolbar

Toolbar adalah baris yang memuat sekumpulan icon yang berisi perintah-perintah Microsoft Word. Masing-masing icon ditampilkan dengan bentuk gambar yang ada hubunganya dengan perintah yang terkandung di dalamnya. Dengan menggunakan toolbar ini, kita akan lebih cepat mengakatifkan perintah yang diperlukan. Cara yang digunakan untuk mengaktifkan perintah tersebut adalah dengan meng-klik icon yang bersangkutan.

CARA MUDAH MENGGANTI PASSWORDS DI WINDOWS 7-8-10 TERBARU UNTUK PEMULA

Simitweblog-----Kerahasiaan Data penting dan file-file pribadi yang menjadi privasi anda, ada dalam komputer laptop atau Personal Computer (PC) anda, perlu di jaga dan lindungi agar tidak sembarang orang membuka atau mengaksesnya. Karena itu laptop dan pc kita perlu dilindungi agar tidak bisa dibuka dan disalah gunakan orang lain. Caranya tentu saja dengan mengunci akses masuk ke windows dan desktop laptop-pc dengan passwords yang hanya diketahui oleh anda sendiri. Adapun pengertian password kita di sini adalah Password adalah sandi yang harus dimasukan kedalam suatu sistem komputer yang menggunakan system operasi windows, baik windows 2000,  windows XP, windows Vista, windows 7 - 8 - 10 dan sebagainya.

Berikut ini Simitweblog share cara mudah mengatur akun dan memasang password untuk mengunci windows pada Laptop dan PC yang menggnakan Windows baik windows XP, Vista, 8 - 10 dan seterusnya. 


Pertama-tama tentu saja hidupkan dan aktifkan komputer atau laptop/netbook anda;


Klik Start Pada Bagian bahwah windows desktop, ---> Windows System --->Kontrol Panel. Selanjutnya akan masuk kontrol panel, lanjutkan mencari Manage another account;

Passwords, windows terbaru, keamanan akun,


Pada Kontrol Panel, Klik User Accounts;






Klik pada Bagian Manage another account;  




Klik lokal Account Anda;




Pilik Klik Change the password;





Selanjutnya Isikan dengan Passwords atau kata kunci rahasia yang anda inginkan, semakin rumit semakin baik. Berdasarkan teori terbaru tentang passwords yang baik, sebaiknya gunakan passwords terbaik yaitu minimal 6 digit, kombinasi antara huruf dan angka atau simbol.


- Current Password; Password lama yang anda buat
- New Password; Isikan password baru yang ingin anda buat
- Confirm new password; isi atau ketik ulang password baru yang anda buat. Tips; kopi paste saja yang anda ketik di New Password.
- Type a password hint; ketik kata pengingat password anda, jika suatu saat anda lupa password. Misalnya: Password Nama Istri anda, maka ketik teman hidup tercinta, bila anda memang cinta hehe...

Jika telah selesai mengisikan password klik Change Password, (pENTING;"jangan lupa mencatat atau mengingat betul-betul password yang anda isikan tadi"). 

Selanjtnya kembali ke desktop atau windows, tutup semua aplikasi yang mungkin masih aktif. Matikan (shut down) atau Restart Komputer Laptop/PC anda. Silakan masuk dengan mengetikan password yang telah anda bikin tadi.

Demikian cara mudah mengganti passwords untuk di gunakan pada laptop atau PC yang menggunakan aplikasi system windows 7-8-10 dan lainnya. semoga bermanfaat. terimakasih.

10 TIPS PRESENTASI POWER POINT: MEMBUAT SLIDE PPT YANG PROFESIONAL

Simitweblog----Kembali dalam pembahasan Materi Presentasi PowerPoint, dalam tutorial ini, Simitweblog akan membagikan sepuluh tips cepat membuat presentasi PowerPoint yang akan membantu meningkatkan profesionalitas presentasi PowerPoint anda. Anda akan melihat kombinasi fitur yang mungkin tidak anda ketahui, dan dapatkan tips untuk mengubah desain slide agar terlihat semakin profesional. 


Berikut kita akan membahas 10 sepuluh fitur favorit atau langkah-langkah desain Presentasi PowerPoint untuk membuat presentasi yang lebih baik.


1. Gunakan Theme Custom

Yang terpenting untuk saya adalah menggunakan tema (theme) PowerPoint custom. Pastinya Microsoft memiliki tema built-in yang bisa anda gunakan secara gratis,. Tapi ada tema premium dan gratisan yang ada di internet, jika dipilih dengan benar merupakan langkah maju dari tema built-in di PowerPoint.



Dengan berlangganan templet premium atau gratisan anda dapat men-download sebanyak yang anda inginkan

Saat anda berlangganan
templet premium, anda akan memiliki akses ke download tak terbatas dari semua tema PowerPoint. Saat ini, templet premium dan gratisan di Internet memiliki dari ribuan tema PowerPoint dan jumlah itu selalu bertambah.

Alasan mengapa tema-tema ini sangat berguna adalah karena mengandung banyak gagasan. Mereka lebih dari sekedar seperangkat warna dan font pilihan. Sebagai gantinya, tema-tema ini hadir dengan gagasan untuk desain slide. Anda bisa fokus pada konten anda sendiri di placeholder dan melewatkan kerja keras untuk membuat setiap presentasi dari awal.


2. Gunakan Built-in Slide Layouts

Di dalam tema PowerPoint, anda akan menemukan banyak layout, yang merupakan desain slide custom. Sebagian besar tema akan mencakup layout konten pilihan yang dapat anda gunakan sebagai titik awal untuk desain slide anda sendiri.<
Slide Layouts Screenshot
Gunakan Layout Slide bawaan (bulit-in) dari drop down Home > Layout untuk memilih titik awal untuk slide PowerPoint anda.

Layout itu seperti titik awal (starting point) untuk slide PowerPoint anda. Mereka berisi kombinasi placeholder untuk text boxe, gambar, dan banyak lagi. Dari pada mengklik dan menggambar objek secara individual ke slide, gunakan salah satu dari layout ini untuk memulai slide anda.


3. Align Text yang Konsisten

Saat anda bekerja dengan teks di slide anda, Cara ini membantu memastikannya align (rata huruf) secara konsisten. Menjaga teks anda sejajar dengan orientasi yang sama benar-benar akan membuat slide terlihat clean.

Pada contoh di bawah ini, pada dasarnya saya memiliki tiga kotak teks: judul, paragraf, dan daftar list bullet. Perhatikan bahwa semua teks ini sejajar kiri secara konsisten.

Alignment Example Image

Semua elemen teks utama pada slide ini diselaraskan secara konsisten ke tepi kiri box mereka.

Aligning text adalah momen "aha" yang saya pelajari saat memulai belajar desain slide. Inilah salah satu langkah yang membuat slide terlihat jauh lebih rapi dan profesional, jadi ingatlah ini saat mendesain.


4. Jadikan Ekspor Anda User-Friendly

Tidak peduli seberapa bagus tampilan slide anda, anda perlu memikirkan bagaimana pengguna anda akan menggunakan file presentasi tersebut

Salah satunya adalah skenario yang mungkin terjadi jika anda secara teratur mengirim presentasi ke pengguna lain:

Orang yang melihat tersebut mungkin tidak menginstal PowerPoint di komputer mereka.
Penerima mungkin menggunakan versi PowerPoint yang sama sekali berbeda yang membuat presentasi terlihat berbeda.
Mungkin anda tidak ingin pengguna bisa melakukan pengeditan atau melihat catatan anda dalam file presentasi tersebut.

PDF version of the slide
Presentasi PowerPoint dapat diekspor sebagai PDF untuk memastikan kompatibilitas yang lebih baik.

Dalam kasus ini, tips favorit saya adalah mengekspor presentasi sebagai PDF. Untuk melakukannya, buka File > Export > Create PDF, lalu simpan presentasi anda sebagai PDF. Cara ini pasti akan membantu sebagian besar pengguna anda melihat presentasi sesuai keinginan anda.


5. Cobalah Skema Warna yang Berbeda


Banyak tema PowerPoint memiliki lebih dari satu skema warna yang dapat anda terapkan pada presentasi anda. Pada tab Design, klik pada drop-down di samping Themes untuk mencoba skema warna yang berbeda.


Slide themes

Pada drop-down Design > Themes berisi beragam skema warna yang bisa anda terapkan.

Biasanya, cara ini akan me-restyle keseluruhan presentasi anda. Misalnya tema premium yang mungkin anda dapatkan dari
tema premium dan gratisan, mungkin memiliki beberapa versi dalam file zip presentasi originalnya.


6. Edit Master Slide untuk Konsistensi


Master slide mengontrol desain slide PowerPoint Anda. Ketimbang membuat perubahan yang sama pada setiap slide, Anda dapat menerapkan perubahan pada master slide dan ini akan mempengaruhi semua slide yang menggunakan master yang sama.

Edit the Slide Master
Dalam contoh ini, saya telah menerapkan logo ke master slide untuk memastikannya berada di tempat dan ukuran yang sama pada beberapa slide dalam presentasi saya.

Sangat ideal untuk memasang logo ke slide master itu sendiri, misalnya. Ini akan menjaga logo dengan ukuran yang sama dan pada posisi yang sama pada setiap slide.

Untuk melakukannya, buka View > Slide Master. Di sisi kanan, Anda cenderung melihat berbagai master slide yang mengendalikan desain untuk beberapa slide. Jatuhkan elemen yang ingin Anda tetap konsisten ke salah satu master slide.


7. Gunakan Fitur Alignment


Slide terlihat lebih baik bila benda-benda itu sesuai satu sama lain. Ada ritme visual tertentu yang terjadi saat benda berbaris di tengah atau di sepanjang garis batas tertentu.

Alignment feature
Dalam screenshot ini, Anda bisa melihat beberapa garis merah dan putih samar yang membantu membentuk elemen yang sama dengan bentuk bagian atas dan bawah slide.

Saat Anda mulai menyeret benda pada slide Anda, Anda akan melihat garis pemandu yang muncul. Ini sangat intuitif, dan Anda mungkin akan memperhatikan bahwa mereka membantu Anda menyusun objek Anda. Anda mungkin tampak pop up saat Anda memiliki kotak yang berjarak sama antara dua benda lainnya pada slide, misalnya.

Ini adalah salah satu trik terbaik untuk memperbaiki tampilan slide PowerPoint Anda. Luangkan waktu untuk memastikan bahwa elemen kunci Anda berbaris secara kohesif.


8. Gunakan Stock Asset

Sebelumnya, saya sebutkan menggunakan
tema premium dan gratisan untuk mengambil tema PowerPoint. Tapi ada lagi yang datang dengan berlangganan tema premium dan gratisan untuk presentasi.

Itu mencakup berbagai macam stok foto,  grafis, dan desain font custom yang dapat Anda gunakan dalam presentasi Anda. Alih-alih menggunakan kembali stok foto atau clip art yang sama, tema premium dan gratisan memiliki semua yang Anda butuhkan untuk melengkapi presentasi.
tema premium dan gratisan Elements memiliki litani stok foto dan aset lain yang dapat Anda sertakan dalam presentasi Anda.

Sekali lagi,
tema premium dan gratisan adalah langganan yang sempurna jika Anda membuat presentasi. Ini adalah toko satu atap yang dapat Anda gunakan untuk mengisi konten.


9. Kurangi Konten

Tidak ada yang membuat penonton menyetel lebih cepat daripada kelebihan muatan dengan konten slide. Terkadang kami mencoba membuat begitu banyak poin sehingga penonton merindukan semuanya karena informasi yang berlebihan.

Kurang benar-benar lebih. Bila Anda menghilangkan poin presentasi Anda yang lemah, perhatian audiens akan mengikuti poin-poin penting Anda.

Sepertinya terlihat curang, tapi salah satu langkah terbaik yang bisa Anda ambil untuk slide Anda adalah dengan hanya mengurangi jumlah item yang ada di dalamnya. Mengkonversi beberapa poin Anda diketik untuk hal-hal yang Anda akan berbicara secara verbal. Ingat: dek slide PowerPoint adalah bantuan, bukan presentasi itu sendiri.

10. Pikirkan Kembali Tujuan dari Slide Anda

Terkadang, kita menemukan bahwa presentasi saya tidak sesuai. Kita mungkin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjelaskan keputusan kita sebelum sampai pada kesimpulan.

Dalam kasus ini, saya suka menggunakan Slide Sorter View untuk mengurutkan ulang slide dalam presentasi saya. Untuk mengakses tampilan ini, masuk ke View > Slide Sorter pada pita PowerPoint.


Slide Sorter View Rearrange

Arahkan kembali slide dalam tampilan Slide Sorter dengan menyeret dan menjatuhkan thumbnail untuk setiap slide ke urutan yang diinginkan.

Dari tampilan Slide Sorter, Anda memiliki tampilan dari atas ke bawah dari semua slide di dek presentasi Anda. Terkadang menjadi jelas bahwa slide dapat diatur ulang menjadi urutan yang lebih baik dari pandangan ini.

Untuk melakukan itu, cukup seret dan jatuhkan thumbnail ke dalam pesanan yang Anda inginkan. Saat Anda kembali ke tampilan Normal, slide akan berada dalam urutan resequenced yang Anda tetapkan di sini.

Demikian tentang 10 Sepuluh tips pembuatan presentasi Power Point: membuat slide PPT yang profesional, semoga bermanfaat.

CARA OPTIMASI ARTIKEL LAMA JADUL SUPAYA DAPAT BERSAING DI GOOGLE

Simitweblog----Dalam teknik SEO terkait dengan Artikel di website dan blog kita. Optimasi artikel perlu dilakukan supaya target kata kunci (keyword) dan target mendapatkan kepuasan pembaca bisa tercapai. Untuk mencapai hal tersebut tentu tulisan yang ada di website Anda harus relevan sehingga bisa bersaing dengan website lainnya di halaman teratas Google.

Pada artikel kali ini, Simitweblog akan mengajak Anda untuk melakukan optimasi artikel lama supaya bisa bersaing di Google dan masih dapat dicari dengan mudah oleh pengunjung dimesin pencarian.



Optimasi Artikel Lama

Membuat artikel baru memang lebih sulit daripada memperbarui artikel lama. Karena itu, jangan habiskan waktu Anda dengan menulis artikel-artikel baru jika artikel lama masih bisa diperbarui dengan sedikit perubahan. Jika Anda bingung memilih artikel mana yang harus ditulis ulang, gunakan fasilitas Google Analytics, lalu pilih artikel dengan lalu-lintas yang paling banyak.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika memperbarui konten:


1. Jangan buat halaman atau postingan baru saat penulisan ulang

Jangan membuat pos atau halaman baru untuk memperbarui konten yang pernah dipublikasikan. Hal ini karena postingan atau halaman asli telah diindeks oleh Google dan mesin pencari lainnya. Jadi ketika Anda membuat halaman baru, Anda akan kehilangan SEO dan keyword yang sudah ada. Cara penulisan ulangnya adalah, salin halaman lengkap dan copy di Word, lalu lakukan semua pengeditan di sana.


2. Tinjau topik dan periksa apakah masih relevan

Beberapa topik hanya menjadi tren di waktu tertentu dan seiring berkembangnya zaman topik itu akan usang. Untuk itu sebelum melakukan penulisan ulang, lakukan sedikit riset dan pastikan topik Anda masih relevan. Saat meneliti, cari keyword yang sedang ngetren yang dapat membantu meningkatkan artikel yang telah Anda tulis. Sebarkan keyword ini ke seluruh artikel Anda untuk membantu meningkatkan peringkatnya di hasil pencarian.

Jika topik Anda tidak lagi relevan, carilah hal-hal yang sedang hits saat ini yang ada hubungannya dengan topik yang pernah Anda tulis. Dengan sedikit pengeditan, tulisan lama Anda akan kembali muncul dengan tampilan yang baru.
Ada beberapa website dan blog yang memerlukan perlakuan khusus. Untuk blog semi wallpaper, selain update konten artikel perlu ditambah gambar dan video yang baru, yang sangat relevan dan terupdate dengan perkembangan jamannya.


3. Pastikan Call to Actions (CTA) Anda relevan

Setiap unggahan atau laman harus memiliki CTA, yang dikenal sebagai tombol atau link “call to action“. Setelah Anda membuat semua pembaruan, salin semuanya dari dokumen Word Anda dan tempelkan kembali ke website. Lakukan peninjauan akhir, lalu klik tombol ‘update’ atau ‘publish’.


4. Hapus Konten Yang Tidak Digunakan Lagi

Meskipun kami menyarankan untuk tidak menghapus konten apapun, namun ada baiknya untuk menghapus konten yang tidak mungkin ditulis ulang lagi. Contohnya adalah konten tentang produk atau layanan yang tidak lagi Anda tawarkan, peluang karir lama atau topik yang mungkin Anda anggap tidak profesional.

Sebelum Anda menekan tombol “Hapus”, buatlah aturan pengalihan sehingga pengunjung yang menemukan URL asli akan dialihkan ke halaman produk lain atau unggahan yang masih ada saat ini. Salah satunya dengan menggunakan 301 redirect.


Kesimpulan

Opimasi artikel berfungsi untuk memastikan konten di website Anda agar tetap fresh dan up to date adalah suatu keharusan. Kami sarankan untuk tidak menghapus konten lama, namun berkreasilah  untuk menulis ulang dan memperbarui konten lama Anda agar sesuai dengan tren saat ini.


Cara Mudah Menginstall Aplikasi WA (WhatsApp) di PC dan Laptop Windows 7-8-10

Simitweblog----Sahabat PlatinumPulsa---bagi anda yang ingin menginstall aplikasi WhatsApp di PC terutama Windows 7 tetapi selalu gagal? jangan khawatir, ada solusinya, karena ternyata dengan sedikit trik mudah kita bisa install WhatsApp dan menjalankannya dari pc atau laptop walau masih menggunakanWindows yang lama seperti OS Windows 7.


Seperti kita ketahui bersama, pihak provider penyedia layanan WhatsApp sudah lama  menyediakan aplikasi resmi versi desktop tetapi khusus untuk pengguna Windows 8/10 32bit serta 64bit dan juga Mac OS X. Beberapa waktu lalu saya telah coba install WhatsApp di Windows 7 dan hasilnya gagal, setiap kali install muncul error Tertulis.... (eh..lupa apa pesannya).

Minggu kemarin karena masih penasaran akhirnya saya coba download WhatsApp untuk PC dan mencoba pasang kembali di Windows 7 ternyata berhasil tidak seperti sebelumnya.

Setelah terpasang, aplikasi WhatsApp bisa dibuka dari komputer dan dapat digunakan untuk chat seperti biasa saat mengakses dari HP Android. Nah bagi anda yang ingin mencoba install aplikasi WhatsApp di PC atau laptop dengan OS Windows 7 silahkan ikuti langkah dibawah ini.

Cara Install Aplikasi WhatsApp di PC (Windows 7)
  1. Download aplikasi WhatsApp versi desktop untuk PC melalui halaman resmi berikut ini. Klik di sini !! Pilih sesuai dengan versi Windows misalnya jika anda pakai 32 bit maka pilih Windows 8 and higher (32-bit version) dan begitu juga sebaliknya jika pakai 64 bit maka pakai versi WA 64bit.
  2. Setelah selesai diunduh, klik kanan file installer WhatsAppsetup.exe lalu pilih Run as adminsitrator.Cara Mudah Install Aplikasi WhatsApp di PC (Windows 7-8-10)
  3. Tunggu sampai proses install selesai (tidak ada progress bar) jika sudah selesai nanti aplikasi WA akan langsung terbuka di pc.
  4. Jika sudah berhasil install berikutnya anda tinggal buka WhatsApp di HP kemudian pilih menu – settings – WhatsApp Web lalu dekatkan kamera hp ke layar pc untuk scan qr code yang muncul.


Apakah Bisa Jalan di Windows XP?

Saya tidak tahu persis karena sudah lama tidak menggunakan Windows XP tetapi jika penasaran silahkan coba dengan cara yang sama seperti penjelasan diatas.

Apakah Aplikasi Bisa Berjalan Jika HP Dalam Keadaan Off atau Nonatktif?

Tidak bisa, karena aplikasi ini hanya pengganti WhatsApp web yang biasa diakses melalui web browser dan untuk bisa menggunakannya, HP harus selalu dalam keadaan aktif dan memiliki paket data.

Apa Kelebihan WhatsApp versi Desktop Dibanding WhatsApp Web?

Sebetulnya tidak ada perbedaan mencolok tetapi yang saya rasakan adalah lebih mudah digunakan karena kita tidak harus selalu scan qr code sebelum bisa login atau membuka chat.

Jadi cukup jalankan aplikasinya kemudian langsung terbuka dan bisa digunakan kecuali HP dalam keadaan nonaktif/tidak ada paket data atau sudah logout dari ponsel.

Kesimpulannya aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang sering membuka WhatsApp di pc tetapi tidak mau menggunakan web browser.
Advertisement

Pilihan lain bagi anda yang tidak ingin install aplikasi WhatsApp di PC maka bisa mengakses WA dari komputer melalui web browser lalu buka halaman web.whatsapp.com tetapi ada sedikit perbedaan dengan versi pc karena setiap kali akan mengakses dari web kita harus scan qr code lagi sedangkan jika buka dari aplikasi WhatsApp desktop kita tidak harus selalu scan qr code kecuali sudah logout.

Demikian sahabat platinum pulsa, tentang cara Mudah Menginstall Aplikasi WA (WhatsApp) di PC dan Laptop. Semoga bermanfaat. untuk anda yang ingin membuka dan melihat WA (WhatsApp) melalui Laptop, Nootbook atau Personal Computer anda. Terimakasih.
Sumber: https://platinumpulsacell.blogspot.co.id/2017/10/cara-mudah-menginstall-aplikasi-wa.html

10 CARA MENGATASI KONEKSI WIFI YANG LAMBAT LEMOT DAN MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET

Simitweblog----10 Cara Mengatasi Koneksi WiFi yang Lambat dan Mempercepat Koneksi Internet. Tidak perlu panik bila koneksi WiFi di rumah mendadak terhambat. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek router yang Anda gunakan.

Pasalnya, mulai dari posisi sampai pengaturan router ini akan berpengaruh pada kuat atau tidaknya sinyal WiFi.

Saat mengecek router Anda, pastikan Anda mencoba 10 langkah sederhana ini, seperti dilansir KompasTekno dari berbagai sumber, Minggu (12/2/2017).

1. Cek posisi router

Mengecek posisi router terkesan hal sepele, padahal efeknya bisa besar. Router bekerja mengirimkan sinyal ke semua arah. Karena itu, sebaiknya letakkan router di bagian tengah ruangan.

Bila router diletakkan di samping jendela, maka ada sinyal yang dikirimkan ke luar. Ini akan membuat WiFi tersebut sia-sia dan tidak menjangkau seluruh bagian ruangan.

2. Jangan diletakkan di lantai

Letakkan router di tempat yang tinggi, misalnya meja atau lemari. Posisi yang lebih tinggi akan menguntungkan karena router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. Selain itu, lantai mengandung bahan semen, beton dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi.

3. Letakkan router di tempat terbaik

Sinyal WiFi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan tempat Anda menyimpan router tersebut. Atas dasar itu, sebaiknya Anda meletakkan router tersebut dalam ruangan yang sering Anda tempati saat menggunakan internet.

4. Pilih tempat terbuka

Ada banyak bahan yang bisa menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Untuk menjaga agar kinerja sinyal tetap optimal, sebaiknya Anda tidak meletakkan router di antara mebel berukuran besar dan dinding, atau di dalam lemari. Pilihlah posisi yang bebas himpitan serta membuat router tersebut dapat terlihat dari manapun.

5. Jauhkan dari elektronik lain

Jauhkan router Anda dari perangkat elektronik lain, seperti microwave, telepon nirkabel, serta TV. Perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.

6. Atur antena agar berdiri

Atur agar antena router berada di posisi vertikal. Posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

7. Periksa kekuatan sinyal

Ada sejumlah aplikasi, seperti Cloudcheck atau Amped yang dapat digunakan untuk keperluan ini. Saat mengecek sinyal, Anda bisa memetakan bagian mana yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lemah.

8. Atur piranti lunak router

Anda juga bisa mempercepat koneksi WiFi dengan memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Akses menuju piranti lunak ini bisa dibuka melalui IP khusus. Anda bisa mengeceknya pada bagian bawah router atau pada panduan yang disertakan dalam boksnya.

Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, ubahlah channel frekuensi router tersebut. Biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih. Channel terbaik biasanya adalah 1, 6, dan 11. Channel tersebut cenderung minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang digunakan orang lain.

Selain pengaturan channel, cek juga pemutakhiran firmware. Biasanya pembuat router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.

9. Lakukan speed test

Lakukan speed test untuk mengetahui letak masalah koneksi Anda. Pertama cobalah melakukannya dengan koneksi WiFi, kemudian lakukan hal serupa menggunakan koneksi kabel. Jika keduanya sama-sama buruk, berarti masalah ada pada penyedia layanan internet Anda.

10. Beli router baru

Ini adalah jalan terakhir. Bila semua sudah dicoba dan Anda sudah memastikan masalah tidak berasal dari penyedia layanan internet, belilah router baru. 
 
(Sumber: Kompas Tekno).

BEGINI CARA MENGETAHUI FOTO ASLI, SUMBER GAMBAR, DAN HOAX

Simitweblog-----Jangan terkecoh dengan foto cantik di media sosial. Kenali juga hoax dan sumber foto asli. Cek di Google Image!

HOAX menjadi trending issue. Banyaknya akun bodong (palsu) dan akun bayaran (buzzer) di media sosial, terutama Facebook dan Twitter, membuat hoax begitu mudah dibuat dan disebarkan.

Akun-akun bayaran juga sering merangkap akun palsu, dengan menggunakan foto profil orang lain. 

Banyak juga akun Facebook & Twitter yang menggunakan foto wanita cantik guna mendapatkan banyak teman dan follower.

Jangan terkecoh dengan foto cantik di media sosial! Cek akunnya dan foto-foto lain yang diunggahnya. Siapa tahu, ternyata itu foto model dan Uzbekistan, misalnya.  Padahal Anda sudah berteman dan memuji kecantikannya di komentar :)

Tips berikut ini, selain untuk mengetahui Hoax dan Foto Asli, juga menjadi cara mengetahui sumber gambar, terutama jika kita bingung mau menyebutkan sumber gambar di postingan blog, saking terlalu umumnya gambar yang kita download dan upload.

Cara Mengetahui Foto Asli, Sumber Gambar, dan Hoax
  1. Buka Google Image
  2. Klik icon Kamera di bagian kotak pencarian
  3. Copas link gambarnya atau upload gambar yang akan dicek
  4. Google akan menampilkan gambar asli dari berbagai situs terpercaya.

Cek foto di Google Image

Cek foto di Google Image

Contoh1

Mari kita cek gambar "How to Blog", yaitu gambar favorit CB. Ini hasilnya.

hasil cek foto google image
hasil cek foto google image



Contoh2

Mari kita cek foto profil wanita cantik di Facebook. Cantik banget sehingga banyak Facebooker lain "kesengsem" dan memuji kecantikannya.

foto profil wanita cantik di Facebook

Setelah dicek akunnya, tidak ada foto lain. Sudah bisa dicurigai, itu akun palsu atau foto palsu --maksudnya foto profil palsu, bukan foto asli pemilik akun.

foto profil wanita cantik di Facebook

Ternyata, itu adalah foto Muslimah cantik dari Kerala, sebuah negara bagian di India bagian barat daya. Kata kunci di Google "cute muslim girls in kerala". Untuk melihat fotonya yang banyak, silakan ketik "cewek berjilbab cantik" di Google Image.

Nah, kalo foto Polwan Cantik di Polda Jabar yang menjadi viral pasca ledakan Bom Panci Bandung berikut ini bukan hoax, tapi asli. Namanya Ismi Aisyah.

Ismi Aisyah. Foto: VidioViral.com.*

Demikian Cara Mengetahui Foto Asli, Sumber Gambar, dan Hoax, agar kita tidak tertipu dengan berita palsu, tahu sumber foto, dan tidak tertipu foto profil di media sosial. 

Sumber: www.contohblog.com