Home » » MODUL PEMBAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

MODUL PEMBAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Simitweblog----Salah satu pembahasan materi yang bersifat teorits di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) kami adalah tentang materi Perkembangan Teknologi Informasi. Materi ini diberikan diawal program sebelum siswa diberikan Pelatihan Komputer dan TIK lebih jauh yang bersifat praktik dan analisis program. Materi yang diberikan dalam bentuk modul ini memiliki bahasan yang tidak jauh berbeda dengan bahan-bahan perkuliahan pada umumnya. yaitu tentang Teknologi dan Informasi dilihat dari segi perkembangnnya dewasa ini. 



Berikut ringkasan dari materi Perkembangan Teknologi Informasi tersebut :

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Jika dilihat dari perjalanan sejarahnya, mulai sejak awak kemunculannya yang populer pada era tahun 1980-an, Komputer personal (PC) telah menjadi sarana kerja yang banyak digunakan di masyarakat. Penggunaan komputer, yang pada awalnya hanya berperan sebagai alat komputasi, kini terlah berkembang menjadi sarana yang bersifat serba guna.

Sebagai sebuah terknologi, komputer telah membantu manusia dalam melakukan sejumlah aktivitas kehidupan seperti :
1. Pengolahan kata;
2. Pemrosesan data;
3. desain dan pengembangan (Desain Grafis);
4. Komunikasi-informasi
5. hiburan

Komputer personal saat ini tidak hanya digunakan untuk melakukan tugas pengolahan kata word processing, tetapi juga digunakan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan.

Perkembangan teknologi komputer yang pesat telah membuat perangkat komputer mampu menampilkan informasi dalam bentuk multimedia. Multimedia dalam hal ini adalah kemampuan perangkat komputer menampilkan informasi dan pesan dalam bentuk kombinasi teks, gambar, suara, video dan animasi. Kenyataan ini telah menjadikan komputer sebagai perangkat yang populer sebagai sarana pembelajaran dan sekaligus hiburan. Selain kemampuan multimedia, komputer saat ini juga dapat digunakan sebagai sarana jaringan atau network untuk mencari dan memperoleh informasi dan pengetahuan.

Jaringan komputer yang disebut dengan istilah internet dan web telah memberi kemungkinan bagi penggunanya untuk saling bertukar dan berbagi informasi dan pengetahuan. Melalui jaringan komputer atau internet seseorang dapat memperoleh informasi dari manca negara dalam waktu yang cepat. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan belajar saat ini tidak lagi terikat oleh faktor ruang dan waktu.

Perkembangan teknologi internet yang demikian pesat telah memberi kemungkinan bagi seseorang untuk melakukan kegiatan belajar secara on-line. Pembelajaran online dalam hal ini dapat diartikan sebagai bentuk balajar jarak jauh (distance learning) yang dilakukan dengan menggunakan internet publik atau internet peribadi. Dalam kegiatan belajar ini program pencari jaringan atau web browser digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi dan pengetahuan yang diperlukan.

Istilah online learning juga terkait dengan instilah self paced learning. Istilah ini digunakan untuk menunjukan adanya kegiatan dimana kita dapat menyelesaikan proses belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatan yang kita miliki.

Prangkat komputer, dengan sejumlah potensinya, dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Sifat interaktif program komputer misalnya, dapat memberi kesempatan bagi pengguna untuk berinteraksi secara intensif dengan pengetahuan dan informasi yang dipelajari. Penggunaan komputer dapat melatih penggunanya untuk memperlajari pengetahuan dan informasi secara mendalam.

Belajar dengan menggunakan komputer dapat membuat seseorang menjadi terlatih dan terampil dalam melakukan proses encodidng/ dan juga decoding/. Kemampuan decoding/ adalah kemampuan dalam memahami pesan dan informasi yang dikirim oleh orang lain.

Tentang sifat interaktif komputer sebagai medium pembelajaran Smaldino dan kawan-kawan (2003) mengemukakan pendapat sebagai berikut; "... komputer menyediakan respons virtual yang cepat terhadap input yang diberikan oleh siswa". Dengan kemampuan ini perangkat komputer dapat dijadikan sebagai pilihan sebagai medium pembelajaran.

Secara umum penggunaan komputer dalam kehidupan manusia dilakukan untuk berbagai kegiatan yaitu:

1. Saran Menyimpan data
2. Saran mengolah data
3. Pengolahan Kata
4. Saran Desain Pesan Informasi
5. Saran Penyajian Pengetahuan dan Informasi.
6. Sarana Mencari dan memperoleh Informasi.

Pada dasarnya komputer dapat digunakan sabagai sarana dalam mencari informasi. Dengan membuka situs web atau website dari internet kita dapat menjelajah informasi ke mancanegara. Kita dapat memproleh beragam informasi yang ditawarkan oleh sebuah situs web. Informasi yang dapat kita akses melalui website dapat berupa informasi yang bersifat komersial dan nonkomersial. Wikipedia, sebagai contoh, adalah website yang bersifat edukatif dan informatif. Situs web ini dapat disebut sebagai on-line encyclopedia.


Demikianlah tentang materi Perkembangan Teknologi Informasi, semoga bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung di blog Simitweblog ini. Wassalam.

0 comments:

Post a Comment