Home » , , » CARA MEMBUAT NOMOR HALAMAN NASKAH LAPORAN PADA MS. WORD

CARA MEMBUAT NOMOR HALAMAN NASKAH LAPORAN PADA MS. WORD

Simitweblog----Cara membuat nomor halaman pada ketikan naskah menggunakan aplikasi Microsoft Word yang dibuat dalam pengetikan dokumen laporan atau naskah seperti; Makalah, skripsi,  tesis, atau dokumen lainnya  yang memiliki jumlah eksemplar yang harus diberi nomor halaman. Penomoran dilakukan dengan mengikuti kaidah penulisan naskah Ilmiah yang benar. Karya tulis atau karya ilmiah yang diberikan penomoran dengan ketentuan yang telah diberikan mengikuti format dan juknis karya ilmiah yang berlaku secara Nasional atau pun internasional.

Menurut pengamatan penulis, masih banyak mahasiswa, dan masyarakat umum yang salah dalam menuliskan penomoran halaman ini. Selain karena memang tidak memahami cara penomoran halaman yang benar, juga banyak yang kesulitan memberikan penomoran ketika mengetiknya di MS. Word. Nah untuk sekedar sharing bagaimana cara pengetikan nomor halaman yang baik dan benar, berikut Admin dan penulis Simitweblog berikan caranya, cara ini yang penulis sering gunakan untuk mengikuti lomba-lomba karya tulis ilmiah tingkat Nasional....walaupun banyak kalahnya dari pada menangnya hehe ðŸ˜†ðŸ˜†ðŸ˜†☝💪 penulis ini tetap semangat, berikut ini caranya:

1. Persiapan

Untuk dipersiapkan Pertama-tama tentunya telah dipersiapkan naskah di MS Word yang telah selesai di ketik atau setengah selesai boleh juga..hehe 👌💪  

2. Penentuan Bentuk Nomor

Dalam penomoran nanti kita tentukan sesuai dengan penomoran halaman yang bagaimana yang ingin dibuat ada dua bentuk nomor dan dua posisi penomoran yang sering digunakan dalam karya tulis ilmiah

Bentuk nomor

  • Bentuk penomoran angka : 1 2 3 4 --- 100 dan seterusnya, 
  • Bentuk penomoran angka Romawi:  i, ii, iii, iv, v, vi dan seterusnya


Posisi penomoran

  • Posisi penomoran halaman Bagian Tengah Bawah atau disebut Bottom of Page Plain Number 2 
  • Posisi penomoran halaman Bagian Kiri Atas atau disebut  Top of Page Plain Number 3

Contohnya seperti gambar di bawah ini :



3. Cara dan langkah-langah memasang nomor Halaman di MS Word  

Cara dan langkah-langah memasang nomor Halaman naskah menggunakan MS Word sangat mudah bahkan untuk pemula sekalipun, hanya cara pengaturannya perlu ketelitian dan penyesuaian yang harus benar-benar akurat untuk mendapatkannomor halaman yang sesuai dan pas di posisinya.

Baca selengkapnya Cara dan langkah-langah memasang nomor Halaman di MS Word   di sini !!

0 comments:

Post a Comment